ASESMEN LAPANGAN DARING PRODI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR FUSHPI UIN RADEN FATAH PALEMBANG

30-11-20 nopran 0 comment


Fushpi Melesat – Asesmen lapangan daring Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang diadakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 27 dan 28 November 2020 secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Hadir dalam opening ceremony kegiatan ini Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Hj. Nyayu Khodijah, M.Si., bersama para wakilnya yaitu Wakil Rektor 1 Dr. Muhammad Adil, M.A., Wakil Rektor 2 Dr. Abdul Hadi, M. Ag., dan Wakil Rektor 3 Dr. Hj. Hamidah, M. Ag. Hadir pula Dekan FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA bersama para wakilnya yaitu Wakil Dekan 1 FUSHPI Dr. Pathur Rahman, Wakil Dekan 2 John Supriyanto, MA dan Wakil Dekan 3 Dra. Anisatul Mardiah, M.Ag, Ph.D. Selain itu hadir dua orang asesor BAN-PT, yakni Yusuf Rahman, MA, Ph.D dari Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Prof. Dr. Iskandar Usman, dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, para Kaprodi dan Sekprodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, tim LPM UIN, tim PUSTIPD, para asesor internal, para Kaprodi di lingkungan FUSHPI, perwakilan Dosen FUSHPI, staf FUSHPI, dan Mahasiswa Prodi IQT FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang.

Acara ini dipandu Oleh Mc. Bapak A. Soleh Sakni, Lc, MA dan dibuka dengan pembacaan ayat-ayat al-Qur’an oleh Qori Mahasiswa IQT (Tohir). Prof. Dr. Ris’an Rusli dalam Sambutannya berterimakasih kepada semua tim yang terlibat dalam persiapan Asesmen Lapanagan Prodi IQT ini dan berharap hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang diingikan. Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Hj. Nyayu Khodijah, M. Si dalam membuka Acara ini, Beliau menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan penting ini, yaitu asesmen lapangan daring akreditasi Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang. Beliau juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada  tim Prodi IQT yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan diri. Ucapan terima kasih beliau sampaikan pada para asesor yang telah hadir, begitu pula dengan jajaran pimpinan di lingkungan FUSHPI, tim LPM UIN Raden Fatah, Dosen dan staf di lingkungan FUSHPI.

Kegiatan ini berkaitan dengan bagaimana mutu akreditasi Prodi IQT FUSHPI dan mutu akreditasi UIN Raden Fatah ke depan, karena itu beliau berharap semoga dalam kegiatan asesmen lapangan daring ini Prodi IQT FUSHPI UIN Raden Fatah Palembang mendapatkan hasil yang maksimal, sesuai dengan apa yang telah diupayakan dan diharapkan.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh tim asesor BAN-PT. Yusuf Rahman, MA, Ph.D menyampaikan asesmen lapangan daring ini dilakukan terhadap program studi yang memenuhi persyaratan evaluasi kecakupan dengan 7 Kriteria yang harus dipenuhi, yang dilakukan secara daring. Hasil asesmen lapangan inilah yang akan digunakan oleh BAN-PT untuk menetapkan status akreditasi dan peringkat terakreditasi Prodi FUSHPI IQT.

Dan Prof. Dr. Iskandar Usman berujar Kaprodi dan Sekprodi IQT (Dr. Halimatussa’diyah dan Rahmat Hidayat, Lc, M.Phil) Sebagai Narasumber bisa tenang dan tidak perlu khawatir jika data yang diberikan yakin benar dan sesuai dalam menghadapi Asesmen ini karena kegiatan ini pada intinya adalah melihat kesesuaian apa yang tertera di borang. Jadi tujuan asesmen lapangan ini adalah mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan oleh Prodi IQT FUSHPI, sebagai dasar penilaian kriteria akreditasinya. Beliau juga menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk menjamin proses akreditasi dilakukan secara independen, akurat, obyektif, transparan, akuntabel, netral, kredibel, menyeluruh, tetap efektif dan efisien, walaupun dilakukan secara daring.

Setelah Pembukaan Acara ini, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu asesmen lapangan Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Fatah Palembang oleh para Asesor.