DEWAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM SUKSES DALAM SEMINAR PKMTD VIRTUAL 2020

26-11-20 nopran 0 comment

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (PKMTD)  yang diselenggarakan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam mampu menarik minat para pemuda di Indonesia, terkhusus mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam untuk mengikuti acara tersebut. Tahun-tahun sebelumnya, PKMTD ini menjadi agenda yang selalu di tunggu mahasiswa yang ingin berkecimpung di organisasi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Dra. Hj. Anisatul Mardiah, PhD dan di pandu oleh Ayunda Yuvita Sari sebagai moderator virtual melalui zoom meeting yang berlangsung pada Kamis (23/11/2020), yang diikuti oleh 80 orang. Adapun jumlah peserta yang mengikuti

Kegiatan ini terdiri dari beberapa program studi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, diantaranya Ilmu Hadis, Ilmu Qur’an Tafsir, Aqidah Filsafat, Studi Agama-Agama dan Tasawuf Psikoterapi.

Dalam kegiatan ini, narasumber yang menjadi pembicara yaitu Drs.Ahmad Zazuli M.Si.(Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga), Dr.Ir.Hj Anaheryana,MT. (Kepala Dinas Koperasi Ukm) dan Momon Wahyudi (Tokoh Pemuda Kota Palembang).

Terdapat dua poin utama dari berlangsungnya kegiatan seminar pelatihan kepemimpinan mahasiswa tingkat dasar ini. Pertama, kegiatan ini bermaksud untuk menyiapkan pemimpin muda yang memiliki wawasan, pemahaman serta pengetahuan, sikap dan keterampilan dibidang kepemimpinan. Kegiatan ini untuk mewujudkan pemimpin muda yang berkarakter, berkapasitas, mandiri dan berdaya saing.

“Sebagai seorang pemimpin, kita harus bisa menyusun strategi yang tepat, tepat dalam mengatasi suatu masalah juga dalam mengambil keputusan. Kita harus bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap anggota, komunikasi menjadi faktor utama dalam hal ini.” Ujar Kakanda Momon Wahyudi.

Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan pemimpin muda yang memiliki kemampuan, kompetensi dan keterampilan berwirausaha.

“Pelaku wirausaha harus berfikir kreatif, terkhusus mahasiswa harus mampu menciptakan sebuah ide kreatif yang nantinya akan dijadikan sebagai peluang untuk berwirausaha.” Ujar Anaheryana memberikan motivasi untuk para peserta seminar.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Ahmad Zazuli menambahkan, kepemimpinan ini penting untuk diketahui supaya lebih bagus dan mendalam, sebagai seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan, baik itu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

Zazuli berharap, melalui acara ini para pemuda akan banyak mendapatkan pengetahuan dan informasi terkait kepemimpinan, dan kegiatan ini bisa bermanfaat serta berjalan dengan baik.(hlm)