HMPS IQT FUSHPI GELAR KEGIATAN BINCANG QUR’AN

29-04-21 nopran 0 comment

 

Fushpi Melesat – Bulan Ramadhan yang juga disebut dengan Syahrul Qur’an atau bulannya Al-Qur’an menjadi momen yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Himpunan Mahasiswa Program Sudi (HMPS) Ilmu Qur’an dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang dalam hal ini, merayakan momentum Ramadhan 1442 Hijriah dengan menggelar kegiatan “Bincang-Bincang Qur’an (BBQ)” secara daring (dalam jaringan) melalui  aplikasi vidio virtual Zoom Meeting. (27/4/2021).

Ketua Program Studi IQT, Dr. Halimatussa’diyah, M. Ag., mengatakan BBQ ini merupakan ajang silaturahim bagi para Dosen serta Mahasiswa, dan juga kegiatan ini merupakan kegiatan dalam menambah Ilmu terlagi BBQ ini merupakan kegiatan yang membahas tentang Al-Qur’an. “Karena kita jurusan Ilmu Qur’an dan Tafsir, ya sangat relevan dengan prodi sendiri, jadi sangat bermanfaat untuk mahasiswa terkhususnya prodi IQT,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Prof. Dr. Ris’an Rusli, MA., menyampaikan bahwasanya Al-Qur’an merupakan sumber kehidupan yang mencakup seluruh aspek dari hal yang terkecil hingga yang terbesar. “Oleh karena itu kegiatan ini harus dilanjutkan dan dikembangkan,” kata dia.

“Ini kesempatan bagi Mahasiswa untuk tampil agar dapat mengembangkan diri serta dapat berinovasi dalam memahami Al-Qur’an, karena masih banyak persoalan kehidupan yang ada di dalamnya untuk dapat di korek lebih jauh. Tinggal nanti yang dosen itu sebagai support dari segi kapasitas keilmuannya, salah benar itu biasa namanya juga pembelajaran” jelasnya.

Ia berpesan agar kedepannya kegiatan ini bukan hanya sebatas ceramah saja. “Pesan saya kedepannya kegiatan ini jangan sekadar ceramah saja, tapi juga diabadikan secara tulisan yang itu nantinya bisa bermanfaat untuk Prodi sendiri khususnya,” tandasnya. (M. Nurkholish)